Platform Merdeka Mengajar adalah sebuah platform yang digunakan guru-guru untuk melakukan pengelolaan kinerja, serta saling berbagi informasi dan pengalaman. Kegiatan saling berbagi sesama guru dalam mengisi kinerja di Platform Merdeka mengajar di SDN 1 Nibong adalah salah satu bentuk kolaborasi dan pengembangan profesional yang dilakukan oleh guru-guru di sekolah. Dalam mengisi pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar dapat dibagi menjadi beberapa tahapan:
- Diskusi persiapan: Tahap ini merupakan upaya merumuskan fokus perilaku, upaya mempelajari, dan menentukan jadwal observasi kinerja. Diskusi ini dilakukan antara guru dan kepala sekolah secara daring atau luring, dengan menggunakan Platform Merdeka mengajar sebagai media komunikasi dan dokumentasi.
- Observasi kinerja: Tahap ini merupakan observasi kinerja yang bertujuan menetapkan batas dasar kinerja (baseline) berdasarkan upaya yang telah dirumuskan pada siklus diskusi persiapan. Observasi kinerja dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengunjungi kelas secara langsung.
- Diskusi tindak lanjut: Tahap ini merupakan upaya merefleksikan hasil observasi kinerja dan upaya menentukan tindak lanjut yang akan dilakukan dan kebutuhan dukungan untuk peningkatan kinerja. Diskusi ini juga dilakukan antara guru dan kepala sekolah secara daring atau luring, dengan menggunakan Platform Merdeka mengajar sebagai media komunikasi dan dokumentasi.
- Upaya tindak lanjut: Tahap ini merupakan upaya melakukan pengembangan kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja sesuai dengan hasil diskusi tindak lanjut sebelumnya. Upaya ini dapat berupa mengikuti pelatihan, membaca buku, menonton video, atau melakukan praktik mengajar yang lebih baik, dengan menggunakan Platform Merdeka mengajar sebagai sumber belajar dan portofolio.
Selama menjalani tahapan pengelolaan kinerja, guru-guru di SDN 1 Nibong saling berbagi pengalaman, masukan, saran, dan inspirasi kepada sesama guru di Platform Merdeka mengajar. Dan juga saling memberikan umpan balik dan dukungan untuk meningkatkan kinerja masing-masing. Kegiatan saling berbagi ini tidak hanya terbatas pada guru-guru di sekolah yang sama, tetapi juga melibatkan guru-guru dari sekolah lain.
Melalui kegiatan saling berbagi sesama guru dalam mengisi pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang kolaboratif dan mendukung di antara para pendidik. Dengan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, guru-guru dapat terus meningkatkan kualitas belajar mengajar dan memberikan dampak yang positif bagi siswa.